Apa Itu Crypto Wallet? Pengertian Dan Ragam Jenisnya

Wallet Image

Kripto merupakan salah satu mata uang digital. Mata uang kripto bisa didapatkan dengan berbagai cara. Anda bisa mengetahui cara mendapatkannya secara gratis anda bisa mengklik link ini.

Ketika anda telah mengumpulkan kripto. Maka anda akan memerlukan sebuah tempat untuk menyimpannya. Seperti namanya yaitu sebuah mata uang. Maka ia perlu disimpan ke suatu dompet atau dompet digital. Tempat untuk menyimpan mata uang kripto disebut crypto wallet.

Apa Itu Crypto Wallet?

Singkatnya crypto wallet merupakan sebuah wallet atau dompet yang bisa digunakan untuk menyimpan aset kripto yang anda miliki. Alasan untuk menggunakan crypto wallet adalah agar aset kripto yang anda miliki dapat tersimpan dengan aman.

Jenis Crypto Wallet

Ada banyak sekali crypto wallet yang tersebar didunia. Jenis-jenisnya dapat dibedakan dari karakteristik dan tingkat keamanannya.

Berikut merupakan beberapa jenis crypto wallet yang populer

Hosted Wallet

Hosted Wallet adalah salah satu jenis crypto wallet paling populer dan mudah untuk digunakan. Contoh, ketika anda membeli sebuah kripto melalui platform exchange seperti safetrade. Maka aset kripto yang anda beli akan langsung disimpan secara otomatis ke hosted wallet.

Keuntungan dari crypto wallet jenis ini adalah. Anda tidak perlu khawatir jika lupa public atau private key. Dengan begitu, anda tidak akan kehilangan aset kripto yang anda miliki.

Namun, crypto wallet jenis ini mempunyai kelemahan yaitu anda tidak bisa mengakses semua jenis kripto. Hanya kripto yang terdapat pada platform tersebut yang bisa anda akses.

Hardware Wallet

Hardware yang berarti perangkat keras dan wallet yang berarti dompet. Maka crypto wallet jenis ini mempunyai bentuk perangkat fisik. Biasanya bisa berbentuk seperti flashdisk.

Keuntungan dari crypto wallet jenis ini yaitu karena berupa perangkat fisik. Maka jika komputer anda diretas, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan aset kripto anda.

Namun, crypto wallet jenis ini memiliki biaya yang cukup tinggi. Selain itu, untuk penggunaannya pun lebih rumit dibanding Hosted Wallet.

Cold Wallet / Paper Wallet

Crypto wallet jenis ini menjadi wallet yang cukup unik karena private key dicetak di selembar kertas. Wallet ini tidak memiliki koneksi ke internet dan disimpan secara offline.

Crypto wallet ini juga merupakan wallet yang tentunya sangat aman karena jika seseorang ingin mengambil aset kripto anda. Maka ia harus mendapatkan akses terhadap kertas yang terdapat wallet anda. Satu tips untuk crypto wallet jenis ini yaitu. Usahakan untuk mempunyai 2 atau lebih salinan yang disimpan di lokasi berbeda.

Non-Custodial Wallet

Jenis crypto wallet yang terakhir ini memberikan akses penuh terhadap aset kripto yang anda punya. Karena anda mempunyai akses penuh terhadap aset kripto anda. Maka, anda juga harus tanggung jawab atas kata sandi, private key maupun seed phrase. Jika anda lupa atau kehilangan kata sandi dan sistem keamanan lainnya. Maka anda akan kehilangan akses terhadap aset kripto anda.

Kesimpulan

Ada banyak sekali crypto wallet yang ada di dunia. Namun, meski setiap jenis crypto wallet memiliki keuntungannya tersendiri. Anda tetap harus berhati-hati akan aset kripto yang anda punya.

Berikut beberapa rekomendasi crypto wallet yang aman untuk menyimpan aset kripto anda.

1. Metamask
2. Trustwallet
3. Guarda
4. FaucetPay

Sekian untuk artikel kali ini, Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya

Apa Itu Airdrop? Pengertian Dan Jenisnya

Popular Posts

Fundsreward.com Review

Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman?