Faucet Artinya, Pengertian dan Cara Kerja

ECoin — Buat kamu yang baru mengenal cryptocoin dan ingin mencoba mengkoleksi koin-koin ini, setidaknya ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Cara yang pertama adalah dengan membelinya melalui beberapa marketplace yang sudah terdaftar Bapepti, seperti contohnya Indodax.

Namun untuk mendaftar ke platform-platform resmi, biasanya kamu harus melewati tahapan KYC.

KYC adalah tahap dimana platform akan meminta identitas dirimu, guna mengetahui siapa kamu, dan apakah kamu menggunakan platform tersebut dengan identitas asli atau bukan.

Tujuan dibuat KYC adalah, untuk menghindari terjadinya praktek pencucian uang yang biasa dilakukan seorang oknum, untuk menghilangkan jejak atas aset yang dimilikinya. Pencucian uang disini memiliki tujuan bermacam-macam. Bisa untuk menghindari pajak ataupun untuk tindak kejahatan.

Apabila kamu merasa tidak nyaman bertransaksi dengan KYC, dan ingin tetap anonim, maka mau tidak mau, kamu harus menggunakan platform marketplace kripto luar, yang tidak terdaftar Bapepti.

Namun, jika terjadi sesuatu pada aset kamu, kamu tidak bisa melaporkannya, karena hal itu kamu lakukan secara sengaja. Walaupun kalau terjadi sesuatu pada platform terdaftar pun, kamu tidak bisa menjamin asetmu kembali. Yang bisa dilakukan oleh pemerintah, disaat terjadi scam pada platform terdaftar, hanya sampai menutup, dan melikuidasi aset yang dimilikinya, agar tidak terjadi korban lebih luas.

Jadi tinggal keputusanmu lebih nyaman yang mana.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan platform faucet. Faucet sendiri secara definisi harfiah adalah keran. Secara bentuk visualnya, faucet artinya platform berbentuk media cloud semacam web, bisa juga bot seperti telegram, yang fungsinya untuk mengedarkan sejumlah kecil koin kripto kepada pengguna platform tersebut.

Ada begitu banyak platform faucet. Ada yang berjalan secara mandiri untuk media pencairannya atau withdrawal, ada juga yang menggunakan pihak ketiga yaitu dompet micro atau microwallet seperti faucetpay. Kalau kamu belum memilikinya, kamu bisa menggunakan referal saya untuk mendaftar.

Dengan menggunakan platform microwallet, pengguna faucet terhindarkan dari resiko scam pada platform-platform faucet yang mengsyaratkan minimun withdraw yang tinggi. Karena sistem kerja microwallet, aset kripto bisa dipindahkan ke sesama pengguna microwalet tanpa fee atau biaya transfer.

Berbeda dengan faucet yang berdiri sendiri, yang selalu membutuhkan syarat minimal withdraw yang tinggi, untuk menghindari fee transfer yang besar. Dan jika terjadi scam, maka akan terasa kerugiannya, karena aset yang sudah dikumpulkan, butuh waktu lama.

Jika memilih membeli aset crypto, kamu bisa mendapatkannya seketika, sesuatu dengan nilai tukar yang berlaku saat transaksi terjadi. Sedangkan jika mengumpulkan melalui faucet, kamu tidak bisa mendapatkan dalam jumlah besar sekaligus. Karena memang konsepnya, faucet diberikan sedikit demi sedikit.

Baca Juga:

Popular Posts

Fundsreward.com Review

Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman?