Bursa Kripto Indonesia Dirilis, Pahami Dulu Apa Itu Bursa Kripto, Tujuan, Jenis dan Rekomendasi Bursa Kripto Terbaik 2023

Gambar Bursa Kripto

Apa itu Bursa Crypto?

Ketika kamu mempelajari aset kripto. Mungkin kamu pernah mendengar istilah Exchange. Exchange dalam bahasa Indonesia berarti Bursa. Bursa sendiri miliki arti sebuah tempat di mana para pedagang bertemu untuk jual beli barang atau jasa. Bursa dapat berupa fisik, seperti pasar tradisional. Bursa juga dapat berupa virtual, seperti platform marketplace.

Nah dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bursa kripto merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk melakukan jual beli aset kripto.

Apa tujuan dari Bursa Crypto?

Bursa kripto memiliki beberapa tujuan utama diantaranya:

Mempermudah perdagangan aset kripto

Tujuan dari dibentuknya bursa kripto tentunya untuk mempermudah proses jual beli atau pertukaran aset kripto. Dengan dibentuknya bursa kripto, pengguna kripto tidak memerlukan waktu yang lama untuk menukarkan aset kripto mereka dengan aset lainnya.

Membantu penetapan harga kripto

Tujuan berikutnya dibentuknya bursa kripto adalah untuk membantu penetapan harga kripto. Kamu tidak perlu membandingkan harga kripto dari setiap tempat untuk menentukan harga yang wajar dari suatu aset kripto. Bursa kripto akan membantu mempertemukan harga yang ditawarkan oleh pembeli dan penjual.

Apa saja jenis Bursa Crypto?

Centralized Exchange atau CEX

Gambar CEX

Centralized Exchange atau jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti Bursa Kripto Terpusat, merupakan salah satu jenis bursa kripto yang paling umum. Bursa kripto jenis ini beroperasi secara terpusat oleh satu entitas. Biasanya, bursa kripto jenis ini mengharuskan pengguna untuk mendaftarkan akun dan informasi pribadi mereka. Contoh dari bursa kripto jenis ini adalah Binance dan Coinbase.

Desentralized Exchange atau DEXs

Gambar DEX

DEXs merupakan jenis bursa kripto yang beroperasi secara tidak terpusat atau terdesentralisasi. Biasanya bursa kripto ini tidak mengharuskan pengguna untuk membuat akun dan memberikan informasi pribadi mereka. Bursa kripto ini beroperasi dengan cara peer-tp-peer dengan menggunakan smart contract. Contoh dari bursa kripto jenis ini adalah Uniswap dan Panceswap.

OTC

OTC merupakan jenis dari bursa kripto dimana pengguna bisa menukarkan aset kripto yang ia miliki secara langsung dengan pengguna lainnya. Biasanya dilakukan pada perdagangan besar ataupun perdagangan yang tidak dapat dengan mudah difasilitasi oleh CEX dan DEXs. Contoh dari bursa kripto jenis ini adalah Genesis Global Trading, BitGo dan juga Bitstamp.

Social Trading Platform

Platform trading sosial merupakan jenis bursa kripto yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan aset kripto yang miliki berdasarkan rekomendasi pengguna lain. Contoh dari bursa kripto jenis ini adalah eToro, CopyFX dan ZuluTrade

Bagaimana cara mencari Bursa Kripto terbaik?

Jika kamu ingin mencari bursa kripto terbaik, ada beberapa faktor yang bisa menjadi kamu untuk memilih bursa kripto terbaik. Diantaranya:

Lihat Reputasi. Kamu bisa menentukan bursa kripto mana yang terbaik dengan melihat penilaian pengguna terhadap suatu bursa kripto.

Bandingkan Volume Perdagangan. Selain itu, kamu bisa melihat bursa kripto mana yang memiliki volume perdagangan tertinggi, karena semakin tinggi volumenya berarti sudah banyak pengguna kripto yang memperdagangkan aset kriptonya disana.

Biaya. Satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam memilih bursa kripto terbaik ialah biaya. Kamu pasti akan dikenai biaya saat melakukan jual beli aset kripto. Carilah bursa kripto dengan biaya perdagangan paling kecil. Dengan demikian, kamu bisa mengoptimalkan keuntungan yang kamu dapatkan. Namun, perlu diingat bahwa kamu juga harus mempertimbangkan biaya dengan 2 faktor lain diatas.

Rekomendasi Bursa Crypto terbaik

- Binance
- Coinbase
- Kraken
- Huobi Global
- Gate.io

Ada pun beberapa rekomendasi bursa kripto di Indonesia:

- Indodax
- Pintu
- Rekeningku
- Bitocto

Sampai sini dulu artikel mengenai bursa kripto, silahkan baca artikel lainnya untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia kripto. Cukup sekian dan Terimakasih.

Artikel Menarik

Mengenal apa itu Trading Crypto? apa risiko dan bagaimana cara melakukannya?
Mau Investasi Ke Memecoin? Pahami Dulu Apa Itu Memecoin, Risiko dan Memecoin Terbaik Tahun 2023

Popular Posts

Tikiearn.com Review

[ Scam ]Situs Cloud Mining Tron Terbaru. Hotrom.net, Membayar atau Tidak?