Siapa Satoshi Nakamoto. Sosok misterius pencipta Bitcoin

Satoshi Nakamoto, seorang sosok misterius yang masih ramai diperbincangkan oleh sejumlah media. 2022, sang CEO Tesla, Elon Musk, membuat sebuah tweet mengenai sosok misterius ini, Satoshi Nakamoto.

Isi dalam tweet tersebut adalah sebuah foto dari empat brand besar yaitu Samsung, Tochiba, Nakamichi dan Motorola. Jika keempat suku kata dari setiap brand digabungkan, maka akan membentu nama samaran dari sang penemu Bitcoin "Satoshi Nakamoto".

Elon Musk Tweet
News.yahoo.com

Simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui siapakah sosok misterius dan fakta menarik lainnya tentang Satoshi Nakamoto.

Siapakah Satoshi Nakamoto?

Satoshi Nakamoto sendiri merupakan sebuah nama samaran yang diberikan untuk seorang atau kelompok yang menulis Whitepaper Bitcoin.

Identitasnya masih menjadi mesteri yang belum terpecahkan. Sejak awal kemunculan Bitcoin pada tahun 2008.

Selain terkenal di kalangan penggemar kriptografi. Satoshi Nakamoto juga cukup dikenal di kalangan peretasan dan ilmuan komputer. Tidak sampai disitu saja. Banyak developer yang mengaku telah mendapat email dari akun Satoshi sejak tahun 2011. Namun hingga kini, masih tidak diketahui Apakah Satoshi yang dimaksud adalah sang pencipta Bitcoin.

Hacker Bitcoin Image
Dailyspin.id

Orang-orang yang dicurigai sebagai Satoshi Nakamoto

Saking misteriusnya Satoshi Nakamoto. Hingga artikel ini dibuat, masih belum ada yang mengetahui identitas asli dari sang pencipta Bitcoin itu.

Namun, ada beberapa orang yang dicurigai sebagai Satoshi Nakamoto.

Craig Wright

Craig Wright
Blockworks.so

Seorang ilmuan komputer asal Australia, yang secara luas telah diyakini sebagai Satoshi oleh publik. Hal ini diakibatkan karena pernyataan Wright bahwa ia turut serta dalam pengembangan Bitcoin.

Meski begitu, masih belum jelas apakah benar Craig Wright merupakan Satoshi Nakamoto.

Nick Szabo

Nick Szabo
Metaschool.so

Dikenal sebagai Computer Engineer dan pengacara karena pengembangan Smart-Contract yang sekaligus dicurigai sebagai Satoshi Nakamoto.

Dorian Nakamoto

Dorian Nakamoto
Coindesk.com

Dikemukan oleh Newsweek. terdapat beberapa kesamaan antara Dorian dengan Satoshi Nakamoto. Yaitu:

- Menerima gelar Bachelor of Science di bidang Fisiki
- Ikut serta dalam program pertukaran Amerika-Jepang

Beberapa Fakta tentang Satoshi Nakamoto

1. Ahli Kriptografi

Satoshi Nakamoto terkenal akan keahliannya dalam penguasaan kriptografi dengan total 31 ribu baris terenkripsi. Karena enkripsinya, teknologi keamanan Bitcoin belum ada yang dapat meretasnya. Banyak peneliti yang mencobai menguraikan enkripsi tersebut, namun masih saja tidak berhasil.

2. Mahir berbahasa inggris

Fakta lain dari Satoshi Nakamoto ini adalah bahwa ia telah menunjukkan kefasihannya dalam berbahasa inggris. Hal ini bisa dilihat dari Whitepaper dan kode Bitcoin, yang ternyata tidak ada kesalahan tata letak bahasa.

3. Satoshi Nakamoto mungkin bukan satu orang

Satu fakta yang cukup mengejutkan yang secara teori, Satoshi Nakamoto mungkin merupakan sebuah perusahaan. Alih-alih dibuat oleh satu orang, banyak analis yang percaya bahwa Bitcoin diciptakan oleh sekelompok orang.

Hal ini mengingat tidak adanya kesalahan dalam enkirpsi Bitcoin, serta adanya fakta bahwa Satoshi Nakamoto menyebut dirinya "kami" dan juga "saya".

4. Kekayaan Satoshi Nakamoto

Menurut kepala ilmuan RSK Labs, Sergio Demián Lerner. Satoshi memiliki sekitar 1 juta Bitcoin pada dompetnya. Jumlah ini dianalisis dari jumlah Bitcoin yang telah ditambangnya dari blok pertama, dengan total hadiah 50 Bitcoin.

Cukup sampai sini mengenai sosok misterius dari sang pencipta Bitcoin. Cukup sekian dan Terimakasih.

Popular Posts

Global Asia Mining. Situs Cloud Mining Crypto Terbaru. Legit atau Tidak?

Bursa Kripto Indonesia Dirilis, Pahami Dulu Apa Itu Bursa Kripto, Tujuan, Jenis dan Rekomendasi Bursa Kripto Terbaik 2023

[ Scam ]Situs Cloud Mining Tron Terbaru. Hotrom.net, Membayar atau Tidak?