Mau Investasi Ke Memecoin? Pahami Dulu Apa Itu Memecoin, Risiko dan Memecoin Terbaik Tahun 2023

Memecoin

Apa itu Memecoin?

Memecoin merupakan jenis kripto yang mengambil referensi dari meme internet. Memecoin biasanya berupa gambar atau video yang tersebar secara luas secara online. Memecoin yang pertama kali muncul adalah Dogecoin. Dibuat pada 2013 sebagai lelucon tentang Bitcoin.

Memecoin biasanya tidak memiliki nilai intrinsik dan tidak didukung oleh aset apa pun. Nilai dari memecoin sebagian besar didasari pada permintaan pasar. Maka dari itu, memecoin bisa menjadi satu investasi yang sangat berisiko karena nilainya yang sangat volatil.

Awal mula memecoin

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, memecoin pertama kali muncul pada tahun 2013. Pada saat Jackson Palmer, seorang insinyur perangkat lunak Australia, membuat Dogecoin sebagai lelucon tentang Bitcoin. Palmer sendiri menciptakan Dogecoin menggunakan litecoin, yang memang merupakan kripto yang mirip dengan Bitcoin.

Awal mula dari memecoin terutama Dogecoin memang tidak terlalu populer. Tetapi, hal ini berubah ketika Dogecoin mendapatkan momentum pertamanya yaitu pada 2014. Pada saat itu, sang CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, mulai membicarakan Dogecoin pada twitter. Hingga pada 2017, harga Dogecoin melonjak tinggi dan mencapai harga tertingginya pada Januari 2018 dengan harga $0,7316 per koinnya.

Tweet Elon Musk tentang Dogecoin

Keberhasilan memecoin pertama ini memicu kemunculan memecoin lainnya, seperti Shiba Inu, Floki Inu, dan masih banyak lagi. Memecoin ini sering dipromosikan oleh influencer di media sosial, dan harganya bisa naik dan turun dengan cepat.

Apa tujuan dari memecoin?

Tidak ada tujuan yang spesifik dari penciptaan memecoin. Mereka hanyalah salah satu jenis kripto yang didasari oleh meme pada internet. Namun ada beberapa tujuan dari penciptaan memecoin ini, yaitu:

1. Hiburan

Memecoin sering digunakan untuk membuat lelucon dan bersenang-senang.

2. Aset investasi

Seperti aset kripto lainnya, memecoin juga dapat dijadikan sebuah aset investasi. Namun perlu diingat bahwa sebagian besar nilai dari memecoin didasari pada permintaan pasar. Hal ini membuat memecoin menjadi aset yang sangat volatil sehingga memiliki risiko yang tinggi.

Risiko memecoin

Jika kamu ingin berinvestasi pada memecoin. Ketahui terlebih dahulu risikonya. Berikut adalah risiko dari memecoin:

1. Fluktuasi harga

Harga memecoin sagat fluktuatif. Harga dari memecoin bisa cepat berubah.

2. Penipuan

Ada beberapa memecoin yang dibuat dengan tujuan penipuan seperti memecoin yang dibuat dengan skema Pump-and-dump, yaitu skema yang bertujuan menaikkan harga dari suatu memecoin, dan ketika harganya naik, maka penipu akan menjual koinnya agar mendapatkan keuntungan.

Daftar memecoin terbaik tahun 2023 berdasarkan kapitalisasi pasar

Berikut merupakan daftar memecoin terbaik tahun 2023 berdasarkan kapitalisasi pasar:

Top Memecoin

Cukup sampai sini artikel kali ini mengenai memecoin. Silahkan baca artikel lainnya pada situs ECoin. Sekian dan Terimakasih.

Popular Posts

Bursa Kripto Indonesia Dirilis, Pahami Dulu Apa Itu Bursa Kripto, Tujuan, Jenis dan Rekomendasi Bursa Kripto Terbaik 2023

Tikiearn.com Review

[ Scam ]Situs Cloud Mining Tron Terbaru. Hotrom.net, Membayar atau Tidak?