Mengenal Apa itu Stablecoin? Jenis, Manfaat dan Daftar Stablecoin Terbaik

Aset kripto terkenal dengan harganya yang volatil. Karena harganya yang volatil atau cepat berubah. Aset kripto pun menjadi aset yang memiliki risiko tinggi. Untuk mengatasinya, muncullah stablecoin. Namun, apa itu stablecoin?

Apa itu Stablecoin?

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Stablecoin berasal dari kata Stable dan Coin. Jadi secara harfiah stablecoin memiliki arti koin yang stabil.

Kata stabil disini bukan berarti koin-koin tersebut memiliki harga yang stabil atau tidak volatil. Namun, stablecoin memiliki harga 1:1 dengan aset yang mendasarinya.

Berdasarkan 2 pengertian diatas. Dapat disimpulkan bahwa stablecoin merupakan koin yang memiliki harga 1:1 atau stabil dengan aset yang mendasarinya. Nah, aset yang mendasarinya bisa berupa mata uang fiat.

Jenis-jenis Stablecoin

Stablecoin memiliki 3 jenis, diantaranya

1. Mata uang fiat

Stablecoin dengan jenis ini menggunakan mata uang fiat sebagai nilai yang mendasarinya. Contohnya USDT, dengan USD yang mendasarinya.

Walau didasari dengan mata uang fiat, stablecoin jenis ini tetap bekerja di blockchain yang terdesentralisasi.

2. Kripto

Jika sebelumnya fiat menjadi nilai yang mendasari stablecoin. Jenis stablecoin ini menggunakan aset kripto sebagai acuan atau nilai yang mendasarinya.

Contoh dari stablecoin jenis ini adalah WBTC. Stablecoin ini menggunakan BTC atau Bitcoin sebagai acuannya.

3. Algoritma

Untuk stablecoin jenis ini bergantung pada dua jenis token yaitu, stablecoin dan aset pendukung dari stablecoin itu sendiri. Oleh karena itu, smart-contract mengatur hubungan antara kedua token tersebut. Contoh dari stablecoin jenis ini adalah DAI.

Apa manfaat Stablecoin?

Stablecoin mampu menahan volatilitas atau perubahan harga dari suatu aset. Stablecoin juga dapat memberikan mobilitas dan aksesibilitas yang terdesentralisasi.

Hadirnya stablecoin dapat memberikan kemudahan transaksi dalam exchange baik terpusat atau terdesentralisasi. Biasanya menggunakan layanan yang ada pada DeFi.

Regulasi Stablecoin

Stablecoin menjadi aset kripto yang terus diawasi oleh regulator karena dianggap ancaman untuk IOSCO.

Stablecoin dianggap penting oleh regulator karena sistemik dan juga memiliki kemampuan mengganggu pembayaran dan penyelesaian.

Stablecoin terbaik

Ada berbagai stablecoin yang telah diluncurkan, berikut ini beberapa stablecoin terbaik saat ini :

- Tether (USDT)
- USD Coin (USDC)
- Binance USD (BUSD)
- DAI
- TrueUSD (TUSD)

Cukup untuk artikel kali ini mengenai stablecoin. Sekian dan terimakasih.

Popular Posts

Fundsreward.com Review

Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman?