Apa Itu Crypto Mining? Bagaimana Cara Kerjanya dan Apa Keuntungan Dari Crypto Mining?

Crypto Mining Image

Teknologi dari aset kripto yang terus berkembang mengakibatkan munculnya berbagai inovasi-inovasi baru, salah satunya adalah crypto mining atau mining kripto. Apa itu kripto mining? Bagaimana cara kerja dan apa saja risiko dari kripto mining ini?

Apa Itu Crypto Mining?

Crypto Mining atau penambangan kripto merupakan suatu proses dalam jaringan blockchain. Crypto Mining dalam prosesnya bertujuan untuk membuat suatu blok baru dari sebuah aset kripto, sekaligus untuk memverifikasinya.

Para miners atau orang yang menambang kripto melakukan Crypto Mining akan menggunakan komputer mereka untuk memecahkan teka-teki matematika yang sangat kompleks. Ketika seorang miner berhasil memecahkan teka-teki yang ada, maka ia akan diberi hadiah berupa aset kripto.

Bagaimana Cara Kerja Crypto Mining?

Singkatnya, saat kamu melakukan penambangan kripto atau crypto mining. Alat yang kamu gunakan untuk menambang itu bekerja dengan cara menyelesaikan permasalahan matematika atau disebut juga dengan Proof-of-Work (PoW). PoW adalah algoritma yang digunakan untuk memverifikasi transaksi dalam blockchain.

PoW bekerja dengan cara memecahkan suatu teka-teki matematika yang dimana, sebuah nonce atau angka acak akan dihasilkan. Para miners akan berlomba untuk menemukan angka yang dimaksud. Siapa yang tercepat dalam menemukan angkanya, ia akan diberi sejumlah hadiah.

Jika kamu sedang menambang bitcoin, maka hadiah yang diberikan yaitu sebesar 6.25 bitcoin. Setiap miner yang menambang blok yang sama juga akan diberi hadiah sesuai dengan kecepatan mereka dalam menemukan angkanya.

Contoh teka-teki yang diberikan PoW saat melakukan crypto mining untuk bitcoin :

Find the SHA-256 hash of a 256-bit nonce that starts with
0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000000001

Dalam teka-teki ini, para miner diminta untuk menemukan suatu angka acak dimulai dari angka tersebut. Proses ini terkadang memakan waktu yang cukup lama.

Apa yang dibutuhkan untuk melakukan Crypto Mining?

Berikut adalah beberapa hal yang dibutuhkan jika kamu ingin menambang koin kripto:

Perangkat keras

Tentu untuk menyelesaikan masalah PoW dalam penambangan kripto tentunya akan membutuhkan suatu alat. Perangkat keras yang cukup umum digunakan dalam penambangan kripto biasa disebut dengan GPU atau dalam bahasa Indonesia disebut Kartu Grafis.

Adapun alat khusus yang memang dirancang untuk menambang koin kripto. Alat tersebut dinamakan Application-Specific Integrated Circuit atau ASIC.

Software

Selain membutuhkan perangkat keras, dalam melakukan penambangan kripto, kamu juga akan memerlukan perangkat lunak atau Software. Perangkat lunak ini berfungsi untuk menghubungkan kamu dengan jaringan blockchain, serta memudahkanmu untuk mengatur ASIC atau perangkat keras lain yang kamu punya.

Ada beberapa contoh perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk menambang koin kripto. Seperti CGMiner, Nicehash ataupun Awesome Miner.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih software untuk melakukan crypto mining. Diantaranya adalah jenis mata uang kripto, Kompatibilitas dengan hardware kamu, fitur yang ditawarkan, kualitas dukungan pelanggan atau support.

Koneksi internet

Kamu tentunya akan memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat. Semakin cepat internet yang kamu gunakan dalam crypto mining, maka akan semakin cepat kamu menerima hadiah.

Listrik

Untuk melakukan penambangan kripto, mau itu menggunakan ASIC atau pun menyewa alat menambang. Kamu pastinya akan memerlukan listrik untuk melakukan kegiatan ini, Jika kamu melakukan penambangan kripto dengan ASIC, pastikan mencari alat yang biaya listriknya murah.

Begitupun jika kamu menyewa alat menambang, carilah platform penambangan kripto dengan biaya listrik yang murah. Tujuannya, agar kamu bisa mengoptimalkan keuntunganmu dalam melakukan crypto mining.

Keuntungan dan Kerugian melakukan Crypto Mining

Keuntungan

Passive Income - crypto mining bisa menjadi salah satu opsi jika kamu ingin mendapatkan keuntungan secara pasif. Karena kamu hanya perlu me-maintenance atau melakukan perawatan sesekali terhadap alat tambangmu.

Menjaga Keamanan Blockchain - Ketika kamu melakukan penambangan kripto, itu berarti kamu juga turut serta dalam menjaga keamanan jaringan blockchain.

Kerugian

Biaya Yang Mahal - Untuk melakukan penambangan kripto, kamu akan memerlukan beberapa alat atau perangkat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Harga dari salah satu ASIC yang cukup bagus saja bisa mencapai Rp.10 juta lebih.

Tidak Ramah Bagi Lingkungan - Saat melakukan penambangan kripto, tentunya akan menghabiskan listrik yang cukup banyak. Alasan inilah yang bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.

Cukup sampai sini dulu artikel mengenai crypto mining atau penambangan kripto. Baca juga artikel menarik lainnya pada situs ECoin untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia kripto.

Popular Posts

Fundsreward.com Review

Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman?