Apa Itu Airdrop? Pengertian Dan Jenisnya

Airdrop Image

Ketika kalian mempelajari atau mencari mata uang kripto. Anda tentu akan mencari bagaimana cara mendapatkan kripto. Banyak sekali cara mendapatkan kripto secara gratis. Mungkin anda pernah mendengar istilah Airdrop. Namun, apa itu Airdrop? Bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Airdrop?

Airdrop adalah salah satu aktivitas promosi dalam marketing. Biasanya dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap aset kripto baru.

Airdrop juga merupakan proses distribusi mata uang kripto bisa berupa token ataupun koin. Airdrop ini biasanya diberikan kepada sebagian orang atau komunitas secara gratis atau cuma-cuma. Aset kripto ini akan langsung dikirimkan ke wallet atau dompet penerima.

Airdrop dapat terjadi melalui pembelian ICO atau penawaran developer. Ketika melakukan mekanisme dari Airdrop ini. Biasanya token sudah disiapkan ke pemegang blockchain sebelumnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Airdrop?

Ada beberapa cara airdrop berdasarkan cara mendapatkannya.

Standard Airdrop

Untuk jenis airdrop ini. Biasanya mengharuskan anda untuk mendaftar dengan nama atau alamat email. Tujuannya untuk mendapatkan news atau update dari airdrop yang anda ikuti.

Bounty Airdrop

Jika anda sering membaca ulasan sebelumnya. Maka anda akan mengetahui tentang fitur Task. Nah, Bounty Airdrop ini sama seperti fitur task. Anda biasanya diharuskan untuk mengajak followers atau mengerjakan tugas-tugas lainnya. Kemudian, anda akan mendapatkan hadiah berupa aset kripto.

Holder Airdrop

Seperti nama dari jenis airdrop ini yaitu holder yang artinya menyimpan atau memegang. Di airdrop jenis ini, anda harus memiliki aset kripto seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH). Setelah itu, anda akan menerima aset yang ada di airdrop ini sesuai dengan rasio yang telah ditentukan oleh penyedia airdrop.

Exclusive Airdrop

Untuk jenis airdrop yang terakhir ini. Biasanya dilakukan oleh aku media sosial yang sudah memiliki banyak pengikut. Jika anda telah menjadi pengikut, maka anda berhak untuk mendapatkan airdrop ini.

Penipuan Dalam Airdrop

Meski banyak keuntungan bagi pemegang ataupun penyedia. Namun, airdrop bisa juga menjadi sebuah penipuan. Biasanya orang yang melakukan penipuan atau Scammer ini akan membuat orang percaya untuk mengikuti airdrop yang ia buat. Tetapi, ketika anda menyelesaikan tugas yang diberikan. Anda akan menyadari bahwa ini merupakan airdrop palsu.

Ada beberapa tujuan Scammer melakukan penipuan dalam airdrop ini. Seperti, pencurian data, Pencurian Private Key ataupun penipuan referral.

Kesimpulan

Airdrop dalam dunia kripto memang menguntungkan, namun anda juga harus berhati-hati juga. Jangan karena anda ingin mendapatkan keuntungan secara gratis, tetapi malah menjadi kerugian yang besar. Tetap berhati-hati, Cukup sekian dan Terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya

Popular Posts

Ulasan Situs BNB Gratis Legit. Freebnbco.in