Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman?

Apakah Investasi pada Koin Kripto Aman

 

Semua investasi memiliki resiko. Termasuk juga investasi pada koin kripto seperti bitcoin ataupub koin kripto lainnya.

Meskipun jika dilihat dari kemunculan bitcoin pertama kali sampai melihat harga bitcoin sekarang ini, tentunya itu suatu keuntungan yang mengesankan.

Namun dalam prosesnya, ada saja naik turunnya harga koin kripto yang terjadi karena banyaknya isu yang membuat orang panik menjual ataupun membelinya.

Naik turunnya harga koin kripto sebenarnya juga bisa terjadi pada saham semisal sahamnya BCA. Jika ada isu negatif yang menerpa bank tersebut, pemilik saham BCA akan berlomba-lomba melepas dengan menjualnya sesegera mungkin.

Perbedaan dari saham BCA adalah, saham tersebut dikelola oleh suatu perusahaan. Dimana setiap perusahaan harus menjaga citra perusahaannya agar tetap untung. Sedangkan koin kripto tidak ada yang memiliki atau mengendalikan harga koin tersebut. Semuanya murni terbentuk oleh pasar dan isu yang berkembang.

Prinsipnya pada semua produk investasi, tetap memiliki resiko, karenanya selalu ada 2 nasihat yang menyertai investasi, yaitu:

1. Gunakan uang dingin

Uang dingin berarti uang tersebut tidak dipakai dalam keseharian. Sehingga daripada disimpan, dimana nilai uang memiliki kecenderungan turun, maka lebih baik diinvestasikan pada produk-produk investasi.

2. Jangan letakkan telur pada satu keranjang yang sama

Maksud dari ungkapan di atas adalah, kita tidak bisa mengetahui masa depan. Meski kewaspadaan kita fokus di setiap isu investasi, bisa saja kita lengah dan kerugian investasi terjadi dalam sekejap, sehingga kita tidak sempat melakukan tindakan penyelamatan aset.

Untuk itu, tanam investasi pada banyak instrumen investasi. Jika salah satunya gagal, yang lainnya bisa bertahan dan untung, sehingga kita tidak kehilangan modal yang terlalu besar, dan recovery-nya juga tidak butuh waktu yang lama.

Karena itu, tindakan investasi harus dilakukan secara hati-hati dan tidak mudah gegabah ataupun tergiur keuntungan sesaat.

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka

Popular Posts

Global Asia Mining. Situs Cloud Mining Crypto Terbaru. Legit atau Tidak?